Pakaian Adat Aceh

Assalamualaikum wr.wb sobat pembaca semuanya,setelah sebelum-sebelumnya kita terus membahas mengenai tari yang ada di Aceh,sekarang kita akan mengupas tentang pakaian adatnya,kenapa kita akan membahasnya?karena yang namanya budaya dan kebudayaan itu tidak hanya satu,di Negeri tercinta kita ini banyaaaaaak sekali budaya dan kebudayaannya sesuai dengan daerah dan wilayahnya masing-masing.

Oke,langsung saja yuk kita kupas tentang Pakaian Adat dari Aceh ini...
Sebagaimana yang telah lama kita ketahui semua bahwa Provinsi Nangroe Aceh Darussalam ini sering sedkali atau lebih dikenal dengan sebutan ataupun julukan Serambi Mekkah karena banyak dipengaruhi oleh budaya islam. Dan ternyata dalam hal pakaiannya pun sangat tampak sekali lo pengaruh dari budaya islam tersebut,dan mungkin ini sedikit penjelasannya mengenai pakaian adat daerah Aceh ini :


Pakaian adat aceh untuk laki-laki ini disebut atau namanya adalah Linto Baro.

  • Pria memakai Baje Mekasah atau baju jas leher tertutup dan ada sulaman keemasan menghiasi kerah bajunya.
  • Jas ini juga dilengkapi dengan celana panjang yang disebut Cekak Musang.
  • Kain sarung (Ija Lamgugap) dilipat dipinggang supaya memiliki kesan gagah. Kain sarung ini terbuat dari sutra yang disongket.
  • Sebilah rencong atau Siwah berkepala emas/perak dan berhiaskan permata diselipkan di ikat pinggang.
  • Bagian Kepala ditutupi kopiah yang sering disebut Meukeutop.
  • Tutup kepanya ini dililit oleh Tankulok atau Tompok dari emas. Tangkulok ini terbuat dari kain tenunan, sedangkan untuk Tompok ialah hanya hiasan bintang yang berbentuk persegi 8, bertingkat, dan terbuat dari logam mulia.
Nah diatas untuk laki-lakinya,dan untuk perempuannya  disebut atau namanya Dara Baro.
  • Wanita mengenakan baju kurung berlengan panjang hingga sepinggul,dan kerah bajunya itu sangat unik lo,seperti atau menyerupai krah baju khas china.
  • Celana cekak musang dan sarung (Ija Pinggang) bercorak, yang dilipat sampai pada lutut, Corak pada sarung ini bersulamkan emas.
  • Perhiasan yang dipakai : Kalung yang disebut Kula. dan perhiasan lainnya seperti : Gelang tangan, Gelang kaki, Anting, dan ikat pinggang (Pending) berwarna emas.
  • Bagian rambutnya di tari keatas membentuk sanggul kecil dengan hiasan kecil bercorak bunga.
Meskipun pada dasarnya kedua pakaian adat ini memiliki corak yang sama, tapi dari segi ragam dan atribut dari masing-masing pakaian antara laki-laki dan perempuannya terdapat perbedaan.
Ini nih gambar dari penampakan pakaian adatnya:


Bagaimana? Tampan dan cantik kan modelnya?hehehe...
Nah para pembaca sekalian,itulah sedikit ulasan tentang pakaian adat aceh untuk laki-laki dan juga perampuannya,walaupun kurang lengkap tapi semoga artikel ini bisa membantu para pembaca semunya.
See You Next Posting...

1 Comments

  1. salut gan (h)....ternyata masih banyak yang mau perduli dengan baju adat bangsa kita ,salah satunya dengan memberikan tentang berbagai macam baju adat spt ini.
    mampir juga ke tempat kaami spesialis berbagai macam baju seragam termasuk baju adat aceh salah satunya spt baju saman,rapai dll.kunjungi http://konveksisonline.blogspot.com/

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post